Rabu, 05 November 2014

PERANG 10 NOPEMBER Sejarah Resolusi Jihad NU yang Dibungkam

Resolusi Jihad NU 

Perang 10 Nopember 1945 adalah pertempuran Rakyat Jawa , Khususnya di Jawa Timur yang dimotori oleh Nahdlatul Ulama dengan Resolusi Jihad-nya. Ini adalah fakta sejarah yang terlupakan atau bahkan disembunyikan pada era orde baru untuk melanggengkan kekuasaannya. Disembunyikan agar warga NU yang jumlahnya sangat besar lupa dan tidak tau akan perjuangan para pemimpinnya bagi Negara ini.

Pengetahuan sejarah warga Nahdliyin akan peran para Ulama dan warga NU masa kemerdekaan dulu akan menjadi pemicu persatuan dan kebangkitan politik NU yang sangat ampuh. Jika hal itu terjadi tidak ada kekuatan politik manapun yang bisa mengalahkan kekuatan massa NU.

Sadar akan hal itu Orde Baru menutup rapat-rapat sejarah perjuangan para Kyai NU . Dengan tidak mengetahui sejarah, maka generasi penerusnya akan kehilangan rasa bangga dan hormatnya kepada jati dirinya sebagai warga NU juga kepada para pendahulunya.

Strategi berangus sejarah itu pula lah yang dilakukan oleh kelompok Islam Garis Keras (Wahaby) dengan mengubur dan menghancurkan situs dan aset sejarah Nabi di Makkah. Begitupun akan dilakukan di Indonesia jika mereka berkuasa sudah siap menghancurkan makam-makam Wali Songo agar generasi berikut tidak tau bahwa Islam masuk ke Indonesia ini adalah perjuangan para Wali tersebut.

Namun dengan era reformasi , era keterbukaan sejarah sudah banyak yang terkuak. Salah satunya adalah Resolusi Jihad PBNU 1945. Ini adalah awal kebangkitan politik NU di Indonesia yang sekian lama dipecundangi oleh lawan-lawan politik. Sayangnya kebanyakan warga NU yang berada di kampung dan masih besarnya garis kemiskinan di antara mereka, membuat mudah dibujuk dan dipecah oleh kekuatan lain. ###

Tidak ada komentar:

Translate